Macam – Macam Database Server dan Contohnya

macam - macam database server dan contohnya

Macam-Macam Database Server Dan Contohnya! Mungkin bagi kamu yang terbiasa menggunakan komputer pastinya sudah mengerti tentang penyimpanan data. Akan tetapi sering kali data yang kita simpan belum terorganisir dengan tepat sehingga mempersulit kita dalam melakukan pengelompokan pada data.

Baca juga : Download Aplikasi GBWhatsApp Versi Terbaru Anti Banned – 100% Work

Dalam hal ini tentunya kamu perlu mulai mencoba menggunakan database supaya nantinya lebih mempermudah pengelompokan data pada komputer tentunya. Mungkin sebagian besar kamu belum begitu banyak mengetahui tentang database itu sendiri sehingga sangat penting bagi kita untuk membahasanya saat ini.

Perlu kamu ketahui bahwa database sendiri merupakan sekumpulan data yang pada dasarnya sudah terorganisir baik dan bentuk skema, tabel, query, laporan, dan sebagainya. Pada dasarnya banyak sekali macam-macam database server dan contohnya yang bisa kamu gunakan saat ini tentunya.

Untuk itu maka sangat penting bagi kamu sekarang ini supaya mencari tahu tentang berbagai macam database server yang bisa digunakan saat ini. Sehingga nantinya kamu akan di mudahkan dalam pengorganisasian data terkait yang pastinya memiliki peranan penting bagi pekerjaan yang dimiliki.

Dalam pembahasan di bawah ini tentunya kamu akan di berikan sedikit informasi tentang macam-macam database server dan contohnya. Dengan adanya informasi yang di sampaikan kepada kamu maka nantinya akan lebih banyak pengetahuan tentang macam database server yang bisa digunakan.

Dengan begitu maka nantinya kamu akan bisa menggunakan berbagai macam database tersebut sesuai dengan yang semestinya. Untuk itulah maka sangat penting bagi kamu sekarang ini supaya menyimak pembahasan di bawah ini tentang macam-macam database server dan contohnya. Sehingga pemahaman kamu tentang database yang tersedia saat ini bisa lebih maksimal tentunya.

Di Bawah Ini Macam-Macam Database Server Dan Contohnya

1. JSON

macam - macam database server dan contohnya

Saat berbicara mengenai macam-macam database server dan contohnya maka yang bisa di bahas salah satunya adalah JSON. Dimana JSON sendiri merupakan sebuah format file yang menggunakan teks agar dapat mengirimkan data. Tentunya JSON sendiri merupakan salah satu database server yang digunakan untuk pertukaran data pada sebuah web.

Sehingga hal penggunaan database server yang satu ini dapat memungkinkan adanya sinkronisasi data yang bisa dilakukan secara real-time. Pada dasarnya JSON sendiri dalam penggunaannya memungkin adanya ekstensi kuhusu yaitu “*.json” yang bisa digunakan nantinya.

2. XML

macam - macam database server dan contohnya

Selain itu tentunya database server lainnya yang juga penting untuk kamu ketahui adalah XML dimana yang satu ini merupakan bahasa mark-up. Pada dasarnya XML sendiri merupakan seperangkat aturan yang digunakan untuk memberikan kode pada setiap dokumen dalam format yang bisa di baca oleh manusia dan mesin.

Pada dasarnya XML sendiri dalam penggunaannya menekankan pada adanya generalisasi sehingga nantinya bisa menghasilkan format data tekstual dan tersinkronisasi. Perlu kamu ketahui bahwa XML sendiri paling cocok untuk menangani berbagai macam basisi data seperti web browser, web server, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya fungsi dari XML sendiri hampir mirip dengan database server yaitu JSON.

3. PostgreSQL

macam - macam database server dan contohnya

Database server yang satu ini tentunya menjadi sebuah sistem pengelolaan basis data rasional yang digunakan saat ini. Tentunya fungsi utama dari sebuah database server yang satu ini tentunya adalah menyimpan data secara aman serta mengembalikannya sebagai sebuah respon.

Dimana pengembalian data yang di butuhkan tentu dilakukan dengan adanya permintaan dari sebuah aplikasi software lainnya yang terkait. PostgreSQL sendiri sering digunakan pada macOS server yang berbasis data default. Selain itu penggunaan database server yang satu ini tentunya juga sering di jumpai pada pengguna Microsoft windows dan linux.

4. MariaDB

macam - macam database server dan contohnya

Salah satu database server lainnya yang pastinya penting untuk juga kamu pelajari adalah mariaDB. Dimana database yang satu ini tentunya di kembangkan dari suatu sistem manajemen berbasis data rasional MySQL. Pada penggunaannya database server yang satu ini cocok digunakan dengan API MySQL sebagai cara untuk mempertahankan adanya kompatibilitas yang dimiliki.

Dalam penggunannya database server yang satu ini tentunya bisa dijadikan sebagai mesin transaksional maupun non transaksional. Sehingga kamu bisa menggunakan database yang satu ini sesuai dengan apa yang di butuhkan tentunya.

5. Sap Hana

macam - macam database server dan contohnya

Selain itu database server selanjutnya yang juga penting untuk kamu ketahui saat ini tentunya adalah sap hana. Dimana database server yang satu ini adalah sebuah sistem pengelolaan basis data yang relasional serta berorientasi pada kolom dan tabel.

Fungsi utama dari database server yang satu ini tentunya adalah untuk bisa menyimpan serta mengambil data sesuai dengan permintaan dari aplikasi. Kamu bisa melakukan analisis prediktif, pemprosesan dan spasial, analisis teks, pencarian teks, analisis streaming, serta pemprosesan data grafik nantinya.

Baca juga : Macam-Macam Browser dan Sejarahnya Beserta Gambar

Akhir Kata
Mungkin itu saja yang bisa di sampaikan kepada kamu tentang macam-macam database server dan contohnya yang penting untuk di ketahui. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan yang dimiliki terkait database server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *