Cara Mudah Mengkonfigurasi Cisco Router Pertama Kali

Cara Mudah Mengonfigurasi Cisco Router Pertama Kali
Image source : Google
Untuk konfigurasi dasar cisco router sama seperti layaknya anda bekerja dengan PC-PC server, anda akan mendapatkan proses booting begitu power Cisco Router maulai dihidupkan. Booting dalam cisco router akan melewati beberapa tahapan proses.
Pertama, router melakukan diagnostik-diagnostik dasar untuk memverifikasi operasi CPU, memori, dan interface-interface yang ada. Selanjutnyam, sebuah software bootstrap atau lebih dikenal dengan boot image melakukan eksekusi dan pencarian terhatap Cisco IOS image yang valid, yang tidak lain operating system (IOS) router. Berikutnya, barulah source Cisco IOS image, yakni flash memory atau server Trivial File Transfer Protocl (TFTP)-ditetapkan berdasarkan konfigurasi setting register.

Perhatian!!

  • Setelah melewati proses-proses di atas namun ternyata Cisco IOS iamge valid tidak ditemukan dalam Flash memory, router akan berusaha melakukan boot dalam mode ROM, dimana ini umumnya digunakan oleh administrator untuk menginstal atau meng-upgrade Cisco IOS Image.
  • Sebaikanya jika Cisco IOS Image valid ditemukan, router akan mencari file konfigurasi yang tersimpan dalam NVRAM. Jika tidak ditemukan, router berinisiatif menjalankan System Configuration Dialog sehingga anda dapat melakukan konfigurasi secara manual.

Mengonfigurasi router dapat anda lakukan melalui tiga prosedur umum, yaitu:

3 Opsi Konfigurasi Dasar Cisco Router

System Configuration Dialog

cara ini direkomendasikan bagi administrator yang belum familiar dengan perintah-perintah Cisco IOS.

Configuration mode

Direkomendasikan bagi administrator yang sudah familiar dengan perintah-perintah Cisco IOS.

AutoInstall

Direkomendasikan untuk instalasi otomatis, seandainya terdapat router lain yang menjalankan software Cisco IOS yang terinstal dalam network. Metode ini cocok bgai Administrator yang berpengalaman dengan software Cisco
IOS.
Baiklah disini saya akan memberikan salah satu contoh tahapan dari 3 prosedur umum mengonfigurasi router yaitu Configuration mode, simak penjelasan berikut;

 

Cara manual sangat berguna pada kondisi di mana anda ingin mengubah nilai-nilai konfigurasi yang sudah tersimpan di dalam startup configuration (NVRAM), biasanya dihasilkan oleh konfigurasi System Configuration dialog.
  • Pertama lakukan koneksi via console terminal dan hidupkan power router.
  • Saat anda ditanya untuk masuk ke initial diaglo, pilih no shingga anda masuk ke mode operasi normal router;

whould you like to enter the initial dialog? [yes]: no

  • Setelah beberapa detik, anda akan melihat prompt user EXEC (Router >). Maka eksekusi perintah enable untuk masuk ke mode privileged EXEC, karena anda hanya diizinkan melakukan perubahan-perubahan konfigurasi dalam privileged EXEC:

Router> enable

Setelah menekan , lembar kerja anda berubah ke privileged EXEC dengan ditandai prompt

Router#

  • Selanjutnya ketikkan perintah configure terminal sehingga anda masuk ke mode konfigurasi:

Router# configure terminal

Sekarang anda sudah siap melakukan perubahan-perubahan, pengurangan, atau penambahan-penambahan konfigurasi dalam startup-configuration. Di antaranya anda mungkin ingin melakukan hal-hal berikut;

 

  • Mengubah nama host (hostname) router.
  • Mengubah nilai password (baik enable secret, enable password atau bentuk password lainnya)
  • Mengubah address-address Interface (IP Address, subnet mask).
  • Menentukan protokol-protokol yang ingin di-support interface.
  • Dan lain-lain
Akhir Kata
Terima kasih telah berkunjung jangan lupa untuk share karna berbagi itu indah agar bisa saling membantu bagi teman yang membutuhkan artikel ini, follow juga blog melalui email untuk terus mendapatkan update terbaru dari laman saya.
Share on:

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Mengkonfigurasi Cisco Router Pertama Kali”

Tinggalkan komentar