Pengertian, Fungsi, dan Jenis Modem Internet

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Modem Internet


Modem mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing jika berhubungan dengan perangkat ini karena hardware inilah sebagai penyokong terhubungnya perangkat kita seperti pc/laptop, dan posel ke jaringan internet. Biar makin kenal dengan perangkat modem kita bahas penuh mengenai modem bukan sekedar pengertian modem saja, tapi mulai dari pengertian, fungsi, dan jenis modem internet.

Baca juga : 10+ Situs Download Film Drama Korea Terbaru Subtitle Indonesia

Kira-kira kalian masih menggunakan modem berbentuk usb, mifi atau hanya bermodalkan tethering dari ponsel kalian? kecepatan internet sendiri bisa meningkat tergantung sumber perangkat keras yang memberikan layanan data itu berasal dalam hal ini “modem”, Jadi harap maklum jika kecepatan akses internet dari modem usb, mifi dan ponsel berbeda-beda.Biar teman-teman sekalian paham betul tentang modem ini, maka wajib di simak secara seksama pengertian modem, secara menyeluruh mulai dari pengertian, fungsi, dan jenis modem internet biar nantinya kalian bisa menentukan sendiri harus menggunakan modem seperti apa guna mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Modem Internet

pengertian, fungsi, dan jenis modem
pengertian, fungsi, dan jenis modem

 

Pengertian Modem

Modem berasal dari kata Modulator, merupakan bagian atau komponen memiliki tugas untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (carrier) yang siap di kirimkan, dan Demodulator bagian yang memisahkan sinyal informasi seperti pesan dan aliran data dari pembawa sinyal yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Sederhana Nya modem sendiri penggabungan dari keduanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah yang bertugas menerima dan mengalirkan aliran data/internet yang diterima. Umumnya perangkat yang berkomunikasi dua arah termasuk kategori modem seperti VSAT, Microwave Radio, dan lainya.

Fungsi Modem

Fungsi modem sendiri dapat kita artikan dalam dua kategori yakni fungsi secara umum dan secara khusus, sedikit banyak fungsi modem telah kita bahas di pembahasan pengertian modem diatas namun biar lebih jelas silahkan teman-teman simak penjelasan berikut ini,

Fungsi Modem Secara Umum

Modem yakni salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk melakukan komunikasi 2 arah dengan cara merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan begitu juga sebaliknya atau sederhananya bertugas untuk mengirim pesan atau data ke alamat tujuan dalam hal ini komunikasi antara komputer. Berikut ini beberapa fungsi modem secara umum,

  • Merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
  • Penghubung perangkat lainya dalam satu jaringan.
  • Bertindak sebagai modulasi dan demodulasi.
  • Memeriksa paket data dan melakukan komunikasi antar komputer.
  • Kompresi data yang dikirim melalui sinyal.

Baca juga : Pengelompokan Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Jenis, Dan Fungsinya

Fungsi Modem Secara Khusus

Modem sendiri memiliki fungsi khusus untuk meminimalisir tingkat kesalahan yang terjadi ketika transmisi sinyal dengan cara modem akan memeriksa informasi yang diterima apakah mengalami kerusakan atau tidak dengan metode checksum sebelum benar-benar di kirim ke alamat komputer tujuan jika terdapat kesalahan maka data akan di kembalikan ke komputer pengirim.

Jenis – Jenis Modem

Kita sudah membahas pengertian modem secara umum, kita juga sudah membahas fungsi modem secara umum dan khusus, sekarang lanjut ke berbagai jenis modem, seperti berikut;

➠ Modem Internal

jenis modem internal
modem internal

Modem internal ini mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui bentuknya karena modem ini tertanam langsung di dalam CPU, bentuk modem internal ini seperti card/kartu VGA yang terpasang pada slot PCI sering di sebut juga modem PCI.

➠ Modem Eksternal

jenis modem eksternal
modem eksternal

Modem Eksternal, sesuai dengan namanya modem ini berada di luar CPU yang artinya modem ini memiliki bentuk sendiri seperti kotak, bulat, persegi dan masih banyak lagi yang di hubungkan dengan kabel LAN atau kabel USB, tergantung dengan tipe modemnya.

➠ Modem ISDN (Integrated Services Digital Network)

jenis modem isdn (integrated services digital network)
modem isdn (integrated services digital network)

Modem ISDN (Integrated Services Digital Network), merupakan modem yang memiliki kemampuan pengiriman data seperti gambar, dan suara dalam ruang lingkup yang luas karena sifat yang fleksibilitas modem ISDN sering di aplikasikan di sebuah perusahaan dan sejenisnya.

➠ Modem GSM (Global System for Mobile)

jenis modem gsm (global system for mobile)
modem gsm (global system for mobile)

Modem GSM (Global System for Mobile), tidak lain memiliki pengertian modem yang memanfaatkan layanan data seperti telepon seluler menggunakan kartu GSM (Evdo, WiMax, GPRS, HSPA, UMTS, dll) pasti kalian mengenal modem satu ini dengan baik jadi modem GSM ini bekerja dengan cara menggunakan layanan GSM untuk aliran datanya.

➠ Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

jenis modem adsl (asymmetric digital subscriber line)
modem adsl (asymmetric digital subscriber line)

Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) banyak digunakan untuk jaringan internet rumahan seperti layanan Telekom IndiHome, modem ADSL sendiri memanfaatkan layanan internet dengan menggunakan telepon analog yang jalur komunikasinya diatur oleh splitter agar aliran data/internet dapat berjalan bersamaan dengan jaringan telepon.

➠ Modem Analog

jenis modem analog
modem analog

Modem analog, sama seperti yang telah kita jelas pada pengertian modem di atas modem analog ini sederhananya memiliki tugas untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Pemakainya sendiri kita harus melakukan beberapa pengaturan tertentu terlebih dahulu.

➠ Modem Kabel

jenis modem kabel
modem kabel

Modem Kabel, yakni salah satu perangkat keras dalam jaringan dalam hal ini modem yang menerima aliran data/internet secara langsung dari penyedia jasa layanan internet (ISP), line telepon, tv kabel, handphone dan satelit.

➠ Modem Wireless

jenis modem wireless
modem wireless

Modem Wireless, salah satu bukti kemajuan dunia IT yang sangat bermanfaat bagi kemudahan kita karena pengertian modem wireless sendiri dapat menjalankan komunikasi data tanpa media kabel, jadi dengan menggunakan modem wireless kalian dapat terhubung ke internet dari mana saja tanpa terpaut oleh panjangnya media kabel.

Baca juga : Perangkat Keras Yang Memiliki Peranan Penting Untuk Mengakses Internet

Akhir Kata
Pembahasan kita tentang pengertian modem secara menyeluruh mulai dari pengertian, fungsi, dan jenis modem internet, saya rasa cukup dan bisa kita pahami secara menyeluruh. Terima kasih telah berkunjung silahkan share artikel ini ke sosial media kalian dan aktifkan tombol notifikasi di sudut kanan bawah.

Share on:

2 pemikiran pada “Pengertian, Fungsi, dan Jenis Modem Internet”

Tinggalkan komentar