Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop

Aplikasi konversi file jpg menjadi pdf dengan hp/laptop – secara garis besar ada dua metode untuk konversi file jpg menjadi pdf yaitu online dan offline, hasil konversi file jpg ke pdf baik online maupun offline sama saja. Perbedaanya jika online membutuhkan koneksi internet atau kuota data untuk setiap kali melakukan konversi sedangkan offline kita hanya butuh 1x download aplikasi untuk konversi file jpg ke pdf.
Baca juga : Cara Scan Dokumen Dengan HP Menjadi File JPG,PDF,dan Word

Jika kamu seorang pelajar, mahasiswa ataupun pencari kerja pasti menyimpan file hasil scan seperti Ktp, Ijazah, Transkrip Nilai, Nilai Ujian, Sertifikat, dll. Namun biasanya jika kalian melakukan scan hasilnya berupa file JPG atau PNG sedangkan pada website recruitment biasanya membutuhkan upload file dalam bentuk PDF, maka dari itu kamu butuh mengkonversi file JPG,PNG menjadi PDF terlebih dahulu.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP Android

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
Xodo PDF Reader & Editor

Download Xodo PDF Reader & Editor (Gratis)

1. Download dan install aplikasi Xodo PDF Reader & Editor di Playstore atau klik link diatas.

2. Buka aplikasinya, Pilih icon+ pada sudut kanan bawah.

3. Banyak pilihan disana dapat disesuikan dengan kebutuhkan. kali ini kita akan melakukan konversi file JPG menjadi PDF, maka pilih PDF from Image.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
Xodo PDF Reader & Editor

4. Pada gambar diatas dapat dilihat setelah kalian memiliki PDF from image maka ia akan menampilkan jendela select source atau lokasi penyimpanan file JPG, PNG dll.

5. Setelah memilih file JPG maka aplikasi akan mengarahkan kalian untuk menyimpan file hasil koversi JPG menjadi PDF.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
Xodo PDF Reader & Editor


6. Gambar sisi kiri tempat kalian menentukan hasil konversi file JPG menjadi PDF. sedangkan kanan hasil konversinya dan pada navigasi bagian atas ada berbagai macam pilihan editing kalian bisa berbagi melalui sosmed, mengkompres ukuran file, crop file, bahkan memberikan password pada hasil konversi.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan PC/Laptop

Jika kalian pemakai pc/laptop ada dua metode untuk melakukan konversi file jpg menjadi pdf yaitu online dan offline. untuk online bisa juga di pakai untuk pengguna hp android/ios, jika kebutuhan kalian hanya melakukan konversi file jpg menjadi pdf.

✔ Konversi File JPG Menjadi PDF Online

A. Konversi File JPG Menjadi PDF di Smallpdf

1. Kunjungi http://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf

2. Silahkan pilih file atau drag/drop file yang mau di konversi.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
smallpdf

3. Web akan memproses file yang mau di konversi, untuk kecepatan proses unggah dan download tergantung di koneksi kalian masing-masing. Dapat dilihat pada gambar kalian bisa mengungah dan mendownload file hasil konversi dengan google drive atau dropbox.

B. Konversi File JPG Menjadi PDF di ilovepdf

1. Kunjungi https://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf

2. Pilih file yang mau di konversi dengan cara klik Select JPG images, atau drag/drop.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
ilovepdf

3. Prosenya sama dengan smallpdf kita tinggal tunggu beberapa saat saja untuk mengdownload hasil konversi jpg menjadi pdf. Untuk media download dan ungah masih sama kita bisa memanfaatkan google drive dan dropbox.

C. Konversi File JPG Menjadi PDF di jpg2pdf

1. Kunjungi https://jpg2pdf.com/id/

2. Pilih semua file jpg yang akan kamu rubah menjadi pdf dengan klik unggah file pada laman web.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
jpg2pdf

3. Tunggu proses konversi selesai kamu bisa download hasil konversinya. Pada gambar dapat dilihat jelas banyak fitur pada web satu ini yang mungkin kamu butuhkan selain konversi file JPG menjadi PDF.

✔ Konversi File JPG Menjadi PDF Offline

Cara konversi file jpg menjadi pdf secara offline ini artinya kita memanfaatkan aplikasi yang pastinya berbeda dengan cara konversi dengan menggunakan hp android diatas. Disini kita memakai Nitro Pdf, atau bagi kalian yang tidak ada nitro reader atau pdf kalian bisa menggunakan aplikasi pembaca pdf lain.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
Nitro Reader

Download Xodo PDF Reader & Editor (Trial)
Download Xodo PDF Reader & Editor (Full)

1. Langsung menuju file JPG yang mau di konversi menjadi PDF.

2. Buka file JPG lalu pilih print.

Aplikasi Konversi File JPG Menjadi PDF Dengan HP/Laptop
Nitro Reader

3. Pada gambar diatas kalian bisa menentukan file JPG tadi mau berukuran berapa dalam 1 lembar PDF. Jika telah selesai maka klik print, otomatis akan muncul jendela baru meminta kamu untuk menyimpan file hasil konversi.

Baca juga : Cara Jitu Untuk Resize / Kompres File Foto di Smartphone Android

Untuk pengguna pembaca pdf lain lakukan cara yang sama namun pada pilihan print dirubah, sesuaikan dengan pdf reader yang kalian pakai.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan, dari konversi file JPG menjadi PDF baik dengan HP/Laptop menawarkan keungulan masing-masing seperti jika kalian pengguna smartphone yang mobilitas tinggi dan membutuhkan solusi cepat maka penggunakan aplikasi diatas sangat di anjurkan.

Untuk pengguna pc/laptop jika menggunakan metode online kalian bisa melakukan konversi file JPG menjadi PDF dalam satu kali proses saja, namun jika kalian memakai pdf reader kalian bisa custome sendiri dalam satu lembar pdf terdapat berapa gambar yang akan di konversi.

Kekurangan, Baik pengguna aplikasi konversi file JPG menjadi PDF di HP/Laptop secara offline sama-sama tidak bisa melakukan konversi lebih dari satu file dalam satu kali proses. Untuk aplikasi konversi secara online fitur editingnya kurang tidak seperti dengan aplikasi offline.

Akhir Kata
Terima kasih telah berkunjung jangan lupa untuk share karna berbagi itu indah agar bisa saling membantu bagi teman yang membutuhkan artikel ini, follow juga blog melalui email untuk terus mendapatkan update terbaru dari laman saya.

Share on:

Tinggalkan komentar