3 Aplikasi Pengaman Hard Disk Eksternal 100% Work!

aplikasi pengaman hard disk eksternal

Pakailah aplikasi pengaman hard disk eksternal buat kamu yang hard disknya sering di pinjam orang atau kamu sendiri yang gemar colokin hard disk ke pc/laptop lain, hal ini guna menjaga data aman begitu juga hard disk agar lebih awet dan tahan lama

Baca juga : 2 Cara Membersihkan File Singahan Di Local Drive (Hardisk) Kita Sampai Ke Akarnya

Tindakan wajib dari kita untuk menghindar virus yang merusak data di hard disk karena sistem pada windows itu .exe yang dimana virus bisa Autorun sendiri berbeda dengan sistem linux yang perpaket. Aplikasi pengaman hard disk eksternal sendiri biasanya sudah terdapat di berbagai merek hard disk eksternal seperti fitur password hard disk eksternal.

1. Aplikasi Bawaan Hard Disk

Kamu yang membeli hardisk eksternal dengan merek SanDisk, Sony, atau Western Digital berbahagialah karena sudah tersedia fitur password hardisk eksternal jadi kalian tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan.

Tapi masih banyak hard disk yang belum memiliki fitur sederhana ini atau kalian yang menggunakan hard disk internal kemudian di rubah menjadi eksternal maka kamu wajib menambahkan salah satu dari aplikasi pengaman hard disk eksternal, berikut;

2. Aplikasi StorageCrypt

aplikasi pengaman hard disk eksternal

Download: StorageCrypt

Dengan StorageCrypt memungkinkan kita untuk mengekripsi dan melindungi Hard Disk, USB, Frewire, dan berbagai media penyimpanan lainya. Jenis enkripsi yang di pakai yakni AES 128bit dengan panjang kata sandi hingga 50 karakter hebatnya lagi aplikasi ini portable kamu tidak perlu menginstallnya di pc/laptop.

Cara menggunakan StorageCrypt;

➜ Download dan buka aplikasi StorageCrypt

➜ Hubungkan hard disk ke pc/laptop

Pilih device atau perangkat hard disk kalian pada menu Choose Disk Drive

Klik Quick encryption di menu Encryption Mode atau pilih Deep encryption untuk tingkat keamanan lebih tinggi

Di menu Portable Use pilih Full

Silahkan masukan password lalu pilih Encrypt tunggu hingga terdengar suara bleep. Selesai

Note* Lama proses enkripsi tergantung seberapa banyak data di hard disk kalian disarankan kosongkan hard disk agar proses enrkipsi lebih cepat.

Buat menonaktifkan atau menghilangkan sandi pada hard disk eksternal silahkan masuk ke folder SClite ➜  SClite.exe masukan password dan pilih Decrypt.

3. Aplikasi USB Copy Protection

aplikasi pengaman hard disk eksternal

Download: USB Copy Protection

USB Copy Protection memiliki kelebihan yang mampu menonaktifkan fungsi Autorun dari windows selain sebagai memberikan pengaman hard disk eksternal aplikasi ini juga dapat memberikan sandi pada dokumen seperti PDF, XML, TXT, HTML, Foto, File Audio dan masih banyak lagi.

Cara pakai USB Copy Protection;

➜ Download dan install aplikasi USB Copy Protection

Kemudian sambungkan hard disk ke pc/laptop

Pada menu select driver pilih partisi kalian dan berikan password

Lalu di menu permission silahkan atur akses untuk beberapa pengguna

Atur juga izin aksesnya seperti read, write, full dan custom. Kita juga dapat mengatur password untuk setiap pengguna

Untuk menu Options pilih jenis enkripsi untuk client

Terakhir masukan password di menu Encrypt Now. Selesai!

Jika ingin menonaktifkan sandi silakan buka aplikasi USB Copy Protection login dengan akun admin masuk menu Manage File Complete Unprotect.

Baca juga : 2 Langkah Mudah Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software

Akhir Kata
Dengan ke-3 aplikasi pengaman hard disk eksternal di harapkan nanti kamu tidak akan mudah kehilangan data karena virus dan hard disk kalian bisa tahan lama. Terimakasih telah berkunjung jangan lupa untuk bagikan artikel ini semoga bermanfaat bagi orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *